Hal Yang harus diperhatikan Saat Hamil

09:53 0 Comments

Hal Yang harus diperhatikan Saat Hamil

Ketika sedang hamil, seorang wanita tentu memerlukan perhatian khusus. Tindakan ini tidak hanya berguna bagi ibu hamil, tapi sekaligus untuk janin yang ada dikandungan. Berbagai tips bisa Anda terapkan untuk menunjang kesehatan janin dan ibunya. Berikut beberapa tips agar ibu hamil dan janin tetap sehat di kandungan dan sehat sampai kelahiran.

1. Pemeriksaan secara rutin
Hal yang harus selalu diingat dan dilaksanakan yaitu pemeriksaan kehamilan secara rutin. Hal ini sangat berguna dalam mengontrol kesehatan ibu hamil dan juga janin yang dikandungnya. Sehingga apabila terjadi gangguan tertentu bisa segera diambil penanganan yang cepat dan tepat oleh dokter yang sudah biasa memeriksa.

2. Konsumsi makanan kaya nutrisi
Asupan makanan sehat dan tentunya kaya nutrisi sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan berguna bagi tumbuh kembang janin. Oleh karena itu selalu penuhi kebutuhan akan nutrisi tersebut saat hamil. Perlu diingat bahwa saat hamil patut menghindari juga minuman dan makanan yang tidak baik saat masa hamil, misalnya makanan instan(cepat saji).

3.  Menghindari asap rokok
Kandungan dalam asap rokok terbukti mengandung banyak zat berbahaya bagi kesehatan manusia, apalagi bagi ibu hamil dan janin. Jadi sangat dilarang keras untuk merokok termasuk menjadi perokok pasif. Karena perokok pasif juga akan merasakan imbas bahaya dari asap rokok yang tidak hanya berpengaruh pada kesehatan ibu hamil, tapi juga janin yang dikandung.

4. Penuhi kebutuhan cairan tubuh
Untuk memenuhi cairan tubuh kita dapat mengkonsumsi air putih setiap hari setidaknya 2 liter atau 8 gelas. Cairan tubuh merupakan hal yang sangat penting keberadaannya di dalam tubuh. Terutama bagi ibu hamil jangan sampai mengalami dehidrasi.

5.  Jangan sembarangan mengkonsumsi obat dan jamu
Tidak semua jenis obat dan jamu cocok dan aman dikonsumsi ibu hamil. Oleh karenanya sangat penting berkonsultasi kepada dokter kandungan mengenai obat dan jamu yang baik untuk dikonsumsi. Karena jika sembarangan mengkonsumsi obat dan jamu itu bisa berpengaruh pada tumbuh kembang janin.

6. Hentikan pemakaian kosmetik
Mengurangi bahkan kalau bisa menghentikan pemakaian kosmetik sangat disarankan saat hamil. Karena berbagai bahan yang terkandung di dalam kosmetik bisa berbahaya bagi janin. Pemakaian lotion juga bisa berpengaruh pada kadar hormon. Sebaiknya gunakan lotion dengan kandungan zat alami, seperti teh hijau dan minyak zaitun.

7.  Beristirahat dengan cukup
Istirahat yang cukup sangat penting dalam menunjang masa hamil. Terutama memenuhi kebutuhan tidur malam, setidaknya bisa tidur selama 8 jam setiap harinya. Tidur siang juga disarankan agar tubuh tidak terlalu lelah.

8. Hindari berendam di dalam air hangat
Berendam di dalam air hangat dan juga berada di sumber panas, seperti di dekat kompor panas sangat berpengaruh kepada proses kehamilan dan berbahaya bagi perkembangan janin.

9.  Hindari konsumsi makanan mentah atau setengah matang
Makanan yang masih mentah atau setengah matang bisa memicu peluang terserang penyakit toksoplasma. Penyakit ini bisa mengakibatkan keguguran janin atau bayi lahir cacat dan terbelakang mental.

10. Terapkan olahraga secara teratur
Saat hamil bukan berarti aktivitas olahraga jadi berhenti total. Olahraga tetap harus dilakukan, hanya saja pilihlah olahraga yang paling tepat bagi ibu hamil. Senam hamil adalah olahraga yang paling dianjurkan.

11. Menjauhi paparan zat kimia

Beragam produk pembersih mengandung bahan kimia yang sangat berbahaya bagi ibu hamil dan janin. Produk tersebut bisa seperti cairan pembersih lantai, obat nyamuk dan sebagainya. Anda bisa mengganti campuran air dan cuka atau baking soda untuk membersihkan lantai. Gunakan bahan alami sebagai pengganti obat nyamuk, seperti kulit jeruk, daun serai dan sebagainya.

codeacademy

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 comments: