Mengenal Diet Mediterania dan Manfaatnya

Mengenal Diet Mediterania dan Manfaatnya

Diet Mediterania merupakan salah satu metode menurunkan berat badan/diet yang telah lama dipuji manfaatnya untuk kesehatan. Berbagai studi menemukan hasil bahwa dengan mengikuti diet ini, bisa memotong risiko penyakit jantung, kanker payudara sebesar 68%, dan membantu menangkal dementia yaitu gejala-gejala sekelompok penyakit yang mempengaruhi otak.

Baru-baru ini, sebuah studi dari Colombia University menemukan bahwa manfaat lain diet yang berasal dari Laut Mediterania tersebut bisa membantu memelihara sel-sel otak dan memperlambat penyusutan otak saat memasuki usia senja.

Diet Mediterania ini umumnya berbahan utama makanan dan minuman dari negara-negara yang berbatasan langsung dengan Laut Mediterania seperti Italia, Perancis, Yunani dan Spanyol.
Meskipun tiap negara punya cara pengolahan yang berbeda, saat menjalani diet ini, Anda akan familiar dengan buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian sereal, minyak zaitun dan ikan.

Mengenal Diet Mediterania dan Manfaatnya


Menurut Badan Pelayanan Kesehatan Inggris (NHS), diet Mediterania ini sejalan dengan saran pemerintah karena mempromosikan diet seimbang. Bagi anda yang ingin meulai diet ini, disarankan untuk meningkatkan asupan roti terlebih dahulu.

Tak hanya itu anda juga harus terbiasa dengan menu pasta, buah-buahan, sayuran, dan ikan. Nmaun sebaliknya, harus  membatasi seberapa banyak daging yang anda makan dalam sehari seminggu atau dalam waktu sebulan.

Mengenal Diet Mediterania dan Manfaatnya

Berikut beberapa urutan menu makanan yang dapat dikonsumsi saat saat melakukan Diet Mediterania:
1. Menu wajib yang dikonsumsi setiap hari
Menu yang diwajibkan untuk dikonsumsi jika mencoba diet mediterania yaitu dengan mengkonsumsi makanan berupa buah-buahan, sayuran, biji-bijian, polong-polongan, minyak zaitun kacang-kacangan, polong-polongan.

2. Dikonsumsi seminggu sekali
Seperti dimana diet mediterania ini berasal, yakni negara yang berbatasan dengan laut mediterania, menu yang bisa dimakan adalah segala sumber protein laut contohnya ikan. Sumber protein lain bisa didapat dari daging unggas, telur, serta produk olahan dari susu seperti keju dan yogurt.

3. Dikonsumsi sebulan sekali
Slah satu jenis makanan yang hanya akan menjadi pertimbangan menu dalam sebulan sekali diantaranya makanan yang berasal dari daging merah.
Ada tujuh hal yang harus diperhatikan dalam mengikuti pola makan yang berasal yang meniru masyarakat Yunani, Italia, Perancis dan Spanyol yang berbatasan dengan Laut Mediterania ini. Caranya mudah, namun perlu konsistensi jangka panjang untuk mendapatkan hasilnya.

Inilah tujuh konsep pola makan ala Diet Mediterania :
1. Ganti mentega dengan minyak zaitun.
Lalu untuk minyak gunakan minyak canola yang tak mengandung lemak tak jenuh.

2. Meningkatkan konsumsi buah dan sayur 
Akan lebh baik dimasak namun sebentar maupun mentah, mengkonsumsi biji-bijian sekitar 1/2 - 1 cup per hari, dan kacang-kacangan sekitar 1 genggam/hari.

3. Kurangi dalam mengkonsumsi daging merah, maksimal dua kali seminggu.

4. Tingkatkan konsumsi  telur, hewan unggas dan ikan. Bisa 2-4 kali seminggu.

5. Serta produk susu rendah lemak setiap hari.

6. Kala memasak perkaya rasa dengan  bumbu seperti bawang putih, oregano,
basil dan kayu manis.

7. Boleh mengonsumsi alkohol, tapi hanya sedikit saja dan sesuai takaran.

codeacademy

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 comments: