Alasan Mengapa Olahraga Pagi Baik Bagi Anda

Alasan Mengapa Olahraga Pagi Baik Bagi Anda

Saat anda diberikan beberapa pilihan untuk menyehatkan tubuh atau menurunkan berat badan, maka pilihan saya akan jatuh pada olahraga pagi, ya rutin dengan olahraga pagi setiap hari. Pagi hari merupakan waktu yang sangat tepat jika akan melakukan olahraga. Kita cukup meluangkan waktu sekitar 5-15 menit untuk sekedar melakukan olahraga ringan seperti push up, stretching, bersepeda dan olahrag ringan lainnya.

Sebagian dari anda mungkin tidak tahu mengenai mengapa harus berolahraga pagi, namun tetap melakukannya. Sebagian lainnya sudah tahu dan mengerti peningya olahraga pagi, tapi malah mengabaikannya.

Oleh karena itu berikut beberapa alasan mengapa olahraga pagi itu pentinga bagi anda :

1. Proses penurunan berat badan menjadi efektif
Jika anda sedang dalam program penurunan berat badan hingga beberapa kilogram, maka cara efektif yang mungkin dapat ditempuh yaitu dengan melakukan olahraga pagi. Mengapa begitu? Karena pada pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk melakukannya. Dengan olaharaga pagi membuat keinginan akan makan akan berkurang dari biasanya. Tak hanya itu, dengan olahraga pagi juga dapat membakar lemak dan kalori lebih cepat dan efektif. Tentunya dengan melakukan kombinasi nutrisi yang tepat, maka akan mempercepat proses penurunan berat badan.
Baca juga : Cara Cepat dan Tepat Diet bagi Remaja

Alasan Mengapa Olahraga Pagi Baik Bagi Anda


2. Lebih bertenaga
Dengan melakukan olahraga secara langsung akan melepaskan senyawa-senyawa yang baik, seperti endorfin yag mampu meningkatkan energi dan mood. Efek ini akan sangat terasa dalam jangka relative lama, bahkan bisa sepanjang hari jika anda melakukan olahraga dipagi hari.

3. Melatih konsistensi
Dengan rutin berolahraga pagi akan melatih konsistensi seseorang dalam melakukan susatu komitmen. Seperti bangun pagi dan melakukan aktivitas di pagi hari secara rutin menunjukkan konsistensi seseorang dalam memenuhi komitmennya. Penelitian menunjukkan bahwa lebih banyak orang yang bisa memenuhi komitmen berolahraga di pagi [hari disbanding mereka yang biasa melakukan setelah kerja. Selain itu, olahraga pagi juga akan mampu menambah semangat bekerja.

4. Baik untuk metabolisme tubuh
Olahraga pagi juga mampu meningkatkan proses metabolisme tubuh dan mamou menjaga proses tersebut hingga beberapa jam, bahkan dalam beberapa kasus mencapai 24 jam. Ini berarti bahwa anda membakar lebih banyak kalori dan lemak, dan sekaligus membuktikan efektivitas penurunan berat badan.

5. Melatih otak dan fokus
Saat pagi hari merupakan kondisi tubuh masih dalam keadaan baik secara fisik maupun mental, memiliki kesiapan penuh untuk meakukan serangkaian aktivitas di pagi hari. Memulai aktivitas lebih awal dengan berolahraga dan melatih pikiran dan focus pada hal-hal yang penting. Saat berolahraga seseorang ternyata juga akan memikirkan rencana  atau rangkaian aktivitas yang akan dilakukan selanjutnya. Merencanakan sesuatu dipagi hari memastikan anda menggunakan energi otak secaaara penuh dan jernih, sehingga akan menghasilkan hal-hal yang sesuai dengan keinginan.

Alasan Mengapa Olahraga Pagi Baik Bagi Anda


6. Menentukan prioritas
Kebiasan berolahraga pagi akan memiliki kecenderungan untuk berkeinginan kuat dalam menentukan priortias untuk dirinya bahkan mampu berkomitmen teguh dengan prioritasnya. Dengan sering berolahraga pagi maka seseorang akan melatih bangun pagi juga tentunya guna memprioritaskan kesehatan dan kesiapannya melakukan untuk menjalankan aktivitas kehidupan pentingnya yang lain.

7.  Mudah bangun pagi
Dengan sering berolahraga pagi maka akan membawa pikiran seseorang untuk mudah bangun pagi tanpa bantuan dan paksaan apapun. Tubuh akan secara langung beradaptasi dengan pola bangun tepat pada waktunya. Bahkan beberapa jam sebelum bangun, secara otomatis tubuh telah bersisp-siap untuk bangun dan melakukan aktivitas selanjutnya. Hebat bukan.

8. Melatih disiplin
Kegiatan rutin berolahraga pagi tak hanya melatih untuk berkomitmen, namun juga pandai dalam mengatur rencana kegiatan dan memestikannya untuk dapat terlaksana dengan baik. Orang yang sudah terbiasa melakukan olahraga pagi akan secara otomatis mampu mengatur jadwalnya sedemikian rupa seperti jam berapa dia tidur, jam berapa dia harus bangun, jam beraa dia haru berolahraga dan melakukan aktivitas lainnya.

Alasan Mengapa Olahraga Pagi Baik Bagi Anda


9. Meningkatkan ketajaman mental
Beberapa penelitian sudah menunjukkan pengaruh hebanya tehadap ketajaman mental. Pengaruhnya bisa berlangsung sekitar 4-10 jam setelah melakukan aktivitas olahraga. Kesehatan mental mampu membuat diri lebih kuat menghadapi tekanan atau stress, mampu brpikir jernih, dan akan lebih siap dan tepat dalam mengambil suatu keputusan.

10. Merasa lebih baik

Dengan sering melakuakan olahraga pagi rutin secara tidak sadar dan akan otomatis tubuh mendapatkan efek positif mengenai kekebalan tubuh, pola pikir, dan melatih kebiasaan yang akan membawa pengaruh baik kedepannya.

codeacademy

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 comments: